Buku Gratis Legal Berbahasa Inggris untuk Topik Ilmu Komputer dan Informatika

Tak lengkap rasanya jika belajar tidak ada bantuan sebuah buku. Buku merupakan alat konvensional yang menyimpan informasi langsung dari sang penulis yang telah memiliki pengalaman dalam mengerjakan atau meneliti sesuatu. Jelas buku diperlukan oleh berbagai kalangan terutama mahasiswa dan pelajar untuk menyelesaikan studinya. Bahkan dari umum pun sering mencari ilmu dari sebuah buku walaupun latar belakangnya berbeda dari buku yang dia baca.

Sebagai orang yang berkesempatan kuliah di ilmu komputer, tentu saya membutuhkan referensi – referensi dari buku, terutama buku dari luar negeri. Buku dalam negeri sering saya koleksi juga dengan membelinya ke toko buku, baik itu buku baru ataupun bekas. Nah kalau buku dari luar negeri ?

Buku yang diperlukan memang membahas teknologi dan pengetahuan terkini di bidang ilmu komputer. Tebal bukunya pun bisa sampai 300 halaman lebih dalam membahas sesuatu. Belum lagi bahasan yang ada di ilmu komputer luas, tidak hanya pemrograman. Ada pemodelan dan simulasi, data mining, kecerdasan buatan, teori bahasa dan autota, jaringan komputer, sistem basis data, algoritma dan pemrograman, serta bidang lainnya. Setiap bidang tersebut biasanya mengambil referensi dari buku luar, yang cenderung bukunya bajakan. Dan saya tidak pernah tahu itu buku download dari mana. Saya hanya menggunakan, coba baca copyright-nya alhasil dengan setengah hati saya hapus juga berbagai koleksi buku yang ada hehe.

Diatas baru tataran teori, belum tataran praktis. Tataran praktis seperti buku tentang pemrograman, konfigurasi jaringan, dan sistem operasi memang menarik hati untuk di-download secara ilegal. Tak jarang terminologi “demi pendidikan” selalu menjadi pelicin untuk men-download buku – buku yang jelas tidak boleh di-copy ulang.

Namun saya berterima kasih kepada EFY Times, sebuah situs yang membahas teknologi informasi dan elektronika, serta Google yang menjadi mesin pencari yang selalu memberikan rekomendasi relevan dalam menyediakan buku legal gratis yang memang dirilis gratis oleh penulisnya. Dari kedua situs tersebut saya mendapatkan beberapa link buku web atau web book yang memenuhi kebutuhan saya untuk belajar. Apa sajakah buku tersebut ? berikut adalah daftar buku yang bisa Anda  download atau baca online saja :

  1. Programming in C Unix System Calls and Subroutines using C : http://www.cs.cf.ac.uk/Dave/C/
  2. Python Language Reference Manual : http://www.network-theory.co.uk/python/language/
  3. Apache HTTP Server Reference Manual : http://www.network-theory.co.uk/apache/manual/
  4. The PostgreSQL 9.0 Refrence Manual 1A: http://www.network-theory.co.uk/postgresql9/vol1a/
  5. The PostgreSQL 9.0 Refrence Manual 1B: http://www.network-theory.co.uk/postgresql9/vol1b/
  6. The PostgreSQL 9.0 Refrence Manual 2 : http://www.network-theory.co.uk/postgresql9/vol2/
  7. The PostgreSQL 9.0 Refrence Manual 3 : http://www.network-theory.co.uk/postgresql9/vol3/
  8. An Introduction to GCC : http://www.network-theory.co.uk/gcc/intro/
  9. The XML 1.0 Standard : http://www.network-theory.co.uk/w3c/xml/
  10. The C Library Reference Guide : http://www.acm.uiuc.edu/webmonkeys/book/c_guide/
  11. Introduction to OOP using C++ : http://www.desy.de/gna/html/cc/Tutorial/tutorial.html
  12. C++ Programming for Scientist : http://math.nist.gov/~RPozo/c++class/
  13. Introduction to Basic Unix System Administration : http://tille.garrels.be/training/unix/

Selama searching pun saya mendapatkan sebuah perpustakaan yang memberikan buku legal gratis dan bersifat open access seperti website berikut ini :

  1. http://www.brpreiss.com/, di dalamnya terdapat buku untuk belajar algoritma dan struktur data dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, Ruby, Python, C#, dan C++. Selain itu ada juga buku yang membahas tentang membangun sebuah compiler. Website ini dikelola oleh Bruno R. Preiss, sang penulis dari buku – buku yang ada di dalam website tersebut
  2. http://www.network-theory.co.uk , di dalamnya terdapat buku untuk belajar pemrograman dengan menggunakan Python, Perl, R, dan XPath. Kemudian ada juga belajar databas relasional dengan menggunakan PostGreSQL. Ada juga buku tentang setting aplikasi web server Apache. Dan buku tentang pemrograman menggunakan Octave untuk keperluan saintifik
  3. http://www.mindview.net/Books/TIJ  di dalamnya terdapat buku tentang belajar design pattern dalam bahasa pemrograman Python, Java, dan C++. Website ini dikelola penulis dari buku – buku yang ada didalamnya yaitu Bruce Eckel
  4. http://bookboon.com/ di dalamnya terdapat buku yang membahas tentang akuntansi, ekonomi dan keuangan, engineeringIT & programming, pemasaran dan hukum, ilmu alam, matematika dan statistik, strategi dan manajemen
  5. http://www.intechopen.com/  di dalamnya terdapat berbagai jurnal dan buku yang bersifat open access. Selain membacanya secara online Anda juga bisa mengunduhnya jika memang disediakan. Tidak hanya informatika dan ilmu komputer saja yang dibahas di dalamnya. Ada juga fisika, matematika, kesehatan, farmasi, pertanian, psikologi, ilmu sosial, strategi dan manajemen, kimia, geologi, dan banyak lainnya. Misal untuk bidang informatika dan ilmu komputer terdapat berbagai judul yang berkaitan dengan topik : sistem fuzzy, distributed systemswarm intelligence, jaringan komputer, data mining, dan banyak judul lainnya. Saya dapatkan lini situs ini dari EFY Times. Dan menurut saya inilah sumber pengetahuan yang saya cari – cari. Banyak sekali jurnal dan buku yang bersifat open access. Dan yang terpenting adalah bisa di-download. Menurut saya inilah portal yang paling lengkap untuk belajar dengan referensi yang memang legal

Jika Anda adalah seorang yang ingin mendalami ilmu komputer, apapun latar belakang Anda. Jika ingin belajar secara legal, mulailah mencari referensi yang digratiskan penulisnya lewat mesin pencari, misalnya Google. Itupun kalau memang membutuhkan referensi dari luar negeri karena di dalam negeri tidak ada. Sebenarnya ada lagi koleksi link web book yang saya miliki tapi saya harus cari lagi dan akan ditulis di tulisan yang berbeda.

Kita lihat contoh legal notice yang menunjukkan bahwa bukunya tidaklah gratis :

legal-notice-1

Nah kalau gambar di bawah ini merupakan legal notice yang menunjukkan bahwa bukunya gratis :

legal-notice-2

legal-notice-3

legal-notice-4

Dan tentunya semua dikembalikan kepada Anda yang mengikuti tulisan ini, jika ada hal yang tidak sesuai saya mohon maaf terlebih dahulu. Karena apa yang saya alami belum seberpengalaman semestinya. Tak elaknya tulisan ini semata – mata untuk mengingatkan kepada penulis sendiri agar dapat menghapus beberapa referensi yang masih kurang berkenan kalau dipakai.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Iklan

2 pemikiran pada “Buku Gratis Legal Berbahasa Inggris untuk Topik Ilmu Komputer dan Informatika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s